Membuat 3 Kerajinan Tangan Sederhana Dari Bahan Kardus Bekas

Membuat 3 Kerajinan Tangan Sederhana Dari Bahan Kardus Bekas

Membuat 3 Kerajinan Tangan Sederhana Dari Bahan Kardus Bekas – Kali ini pada artikel berikut saya akan berbagi beberapa cara membuat kerajinan tangan sederhana dari yang mudah dibuat sampai yang agak rumit. hampir 80% lebih kardus bekar yang habis dipakai oleh sebagaian orang akan dibuang atau dijual pada tukang rongsokan, padahal kardus-kardus tersebut apabila kondisinya masih terbilang bagus dan baik maka anda dapat memanfaatkanya menjadi kerajinan tangan unik dan kreatif, dan bahkan dapat menghasilkan uang sampingan dari kerajinan tangan dari kardus bekas tersebut, berikut saya akan berbagi cara membuat 3 kerajinan sederhana yang dibuat dari kardus. yakni membuat lampu gantung, membuat rak mini, dan membuat boneka danbo yang sangat lucu.


kerajinan tangan pertama : Membuat Lampu Gantung Dari Bahan Kardus Bekas

Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas
Kali ini akan memeberikan tutorial bagaimana mengolah sampah menjadi barang baru yang unik dan menarik. Dan sampah yang akan kita olah pada tutorial ini adalah kertas kardus bekas. Ternyata jika kita mau sedikit usaha dan kreatif kardus bekas pun dapat diolah menjadi suatu barang yang cantik dan bermanfaat. Dan kita akan membuat barang tersebut bersama-sama, karena pada kesempatan ini majalah desain rumah akan membahas bagaimana cara membuat lampu gantung dari kardus bekas. Untuk itu, marilah kita siapkan alat serta bahannya terlebih dahulu. Yang perlu Anda siapkan adalah:
1. Kardus bekas
2. Penggaris
3. Pensil
4. Cutter
5. Cat semprot
6. Lem tembak
7. Kabel
8. Fitting
9. Lampu
Setelah alat dan bahan untuk membuat lampu gantung dari kardus bekas disiapkan. Kita lanjut ke tahap selanjutnya yaitu bagaimana langkah-langkah pembuatannya:
1. Siapkan kardus bekas, tandai dengan pensil membentuk bidang persegi panjang. Dengan panjang 60cm dan lebar 21cm kemudian potong (untuk ukuran panjang dan lebar potongan dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan).
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 1
2. Langkah selanjutnya warnai salah satu sisi dari potongan kardus tersebut dengan cat semprot. Pilih warna cat sesuai dengan selera Anda, lalu diamkan sampai cat benar-benar kering.
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 2
3. Tandai sisi panjang kardu yang tidak dicat menjadi lima bagian sama panjang, kemudian garis dengan cutter tapi ingat jangan sampai terpotong kardusnya. Hal ini bertujuan agar kardus dapat dilipat menjadi bentuk segilima sama sisi seperti yang terlihat pada gambar diatas.
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 3
4. Bentangkan kembali kardus dari lipatan segilima kemudian potong memanjang kardus menjadi tujuh bagian dengan masing-masing bagian memiliki ukuran panjang 60cm dan lebar 3cm.
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 4
5. Setelah diperoleh potongan kecil-kecil, hubungkan antar ujung potongan tersebut sehingga membentuk segilima dengan sisi yang di cat berada pada posisi bagian dalam. sampai ujung ketujuh potongan tersebut terhubung semuanya. Kemudian susun ketujuhnya seperti yang terlihat pada gambar diatas. Ini nanti akan kita gunakan sebagai frame/bingkai dari lampu gantung.
6. Selanjutnya kita siapkan untuk membuat bagian atas dari kap lampu tersebut. Potong kardus dengan bentuk segilima sama sisi dengan panjang sisi-sisinya 12cm, sesuai dengan ukuran potongan frame yang telah kita buat. Supaya mudah kita jiplak ukuran frame segilima sama sisi yang telah dibuat sebelumnya diatas kardus kemudian tinggal dipotong menggunakan cutter.
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 5
7. Buat lubang ditengah-tengah bagian atas dari kap lampu yang telah kita buat sebelumnya sehingga ujung lampu dapat masuk ke fitting kemudian lem fitting dengan kardus tersebut.
8. Tinggal kita pasang frame yang telah dibuat dengan atasannya, dan rekatkan dengan lem tembak sehingga terbentuk lampu gantung yang cantik seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 6
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 7
Membuat Lampu Gantung Dari Kardus Bekas 8
Demikian tadi penjelasan panjang lebar tentang bagaimna membuat lampu gantung dari kardus bekas.

Kerajinan Tangan ke-2 : Membuat Rak Mini Dari Bahan Kardus Bekas

 
Kali ini saya kan menjelaskan bagaimana memanfaatkan kardus bekas menjadi sesuatu yang menarik dan lebih bermanfaat. Kita akan membuat rak mini yang terbuat dari kardus bekas. Rak ini dapat digunakan untuk menyimpan pulpen, atau perlatan sekolah, peralatan kantor, handphone dan lain-lain, masih banyak manfaat lainnya.
 
Kumpulkanlah kardus bekas yang bagus, yang tekstrunya keras lebih baik, kertas hvs yang warnya sesuai keinginan anda, cutter, lem dan alat pendukung lainnya. Bentuk lah kardus seperti berikut, dan berikan lobang untuk melakukan pemasangan nantinya. lalu lapisilah kardus dengan kertas sesuai keinginan anda, agar hasilnya lebih cantik. Perhatikan gambar
 

 

 
Setelah semua bentuk lengkap, satukanlah bagian perbagian sehingga membentuk rak mini. Setiap bagian dapat disatukan dengan lobang dan penghubung yang tersedia. Kalau sudah disatukan nanti hasilnya seperti ini.

Untuk menghasilkan rak yang rapi, maka lapisilah kerangka rak dengan kertas sesuai warna yang anda inginkan, sehingga bagian rongga kardus yang kosong tertutupi.
Pada bagian bawah rak mini, masih terlihat kalau lacinya kosong, sekarang tinggal membuat lacinya sehingga rak nya bisa menyimpan barang lebih banyak lagi.
Setelah semuanya jadi, perhatikan lah baik-baik rak nya. Mana tau ada bagian yang belum rapi atau bagian yang terlupaakan. Usahakan pemasangan dilakukan dengan benar sehingga rak nya kuat. Hindari rak dari air, karena terbuat dari kardus.
 
 
Lucu, kesan awal kalo liat boneka DANBO yang penuh ekspresi…

DANBO yang berasal dari Jepang ini dibuat oleh perusahaannya sekita Rp. 250.000,- hingga Rp 500.000,- per buah dengan berbagai jenis Danbo Wow :D…selengkapnya tentang Danbo bisa dilihat asal mula Danbo..
wah, jadi penasaran cara bikinnya, search bentar di google, saya pikir menggunakan bahan kertas yang tebal mungkin juga bisa walaupun tidak semirip kardus amazon sih namun, dengan biaya yang murah tentunya, hitung-hitung uji daya cipta diri sendiri dan mungkin g kalah lucu dengan yang asli.. mahal soalnya..

kan cuma buat iseng-iseng..
berikut saya share cara pembuatannya, mesti sabar and telaten aja.. dan sedikit berkreasi..


Kerajinan Tangan ke-3: CARA MEMBUAT BONEKA DANBO (DANBOARD)


pertama – tama perhatikan dulu gambar pola yang akan kita buat nanti seperti gambar dibawah ini    
 
 
Cara membuat Danbo boneka kardus penuh ekspresi
Cara membuat Danbo boneka kardus penuh ekspresi
 
cukup besar pictnya ..
setelah memperhatikan kedua gambar tersebut yang masing-masing bagiannya memiliki nomer petunjuk silahkan mempersiapkan beberapa bahan seperti :
1. Kertas (beli kertas kardus amazon atau beli sendiri yang tebal seperti bufalo/karton dkk) 
2. Gunting
3. Lem kertas
4. Spidol ( kalu menggunakan kertas yang msh polos dan ingin berekspresi )
 
setelah semua siap, mari kita masuk ke cara pembuatannya step by step.. baca doa terlebih dahulu…
 
Step 1 : 
Potong gambar 16 dan rekatkan dengan lem bagian warna putihnya. Ini adalah bagian lengan
 
Step 2 : 
Potong gambar 3 dan lem di bagian atas lengan yang dibuat di step 1
 
Step 3 : 
Potong gambar 6, lipat geriginya, rekatkan ujung putih ke ujung satunya dengan lem, sehingga melingkar seperti cincin. beri lem di kedua bagian gerigi dan tempelkan potongan gambar 7 di tiap sisinya sehingga seperti silinder.
 
Step 4 : 
Sambungkan bagian yang dibuat dari step 3 dan step 2, sehingga membentuk lengan yang bisa digerakkan (lihat gambar)
 
Step 5 : 
Ini bagian yang butuh extra perhatian dan ketelitian. Potong gambar 8 dan lubangi 3 bagian yang berwarna putih. lalu potong gambar 10. di gambar 10 ada garis silang didalam lingkaran, potong garis itu dengan cutter, kemudian pasang kedalam lubang besar di gambar 8. lalu lipat keatas bagian putihnya. Kalo bingung ini ada penjelasan gambarnya (Penjelasan). Setelah itu potong gambar 11 dan tutup 4 garis putih tadi. Usahakan agar bisa berputar (untung sendi leher). kemudian potong gambar 18 dan 19. dan lakukan seperti tadi. Kemudian baru lem bagian badan.
 
Step 6 : 
Pasangkan lengan ke sisi kiri dan kanan bagian yang kamu buat di step 5 tadi.
 
Step 7 : 
Buat 2 silinder lagi seperti  step 3, tapi dengan gambar 14, 15. Potong 13 dan sambungkan ke 2 silinder tadi (lihat gambar).
 
Step 8 : 
gambar 12 lipat sesuai garis dan lem dengan silinder yang tadi dibuat di step 7. (lihat gambar)
 
Step 9 : 
hasil dari step 8 ke bagian atas badan yang dibuat pada step 5. (bagian leher).
 
Step 10 : 
Potong gambar 1, Lipat sesuai pola. Potong juga gambar 4 dan lubangi bagian mata gambar 1, kemudian pasang potongan gambar 4 didalam gambar 1 agar matanya terlihat lebih nyata (opsional)
 
Step 11 : 
Sambungkan bagian kepala dari step 10 ke bagian leher yang dibuat di step 9.
 
Step 12 : 
Potong gambar 2 dan lem, biarkan sisi yang lebih. (bagian kaki)
 
Step 13 : 
Potong gambar 17 dan 5, kemudian buat silinder seperti step 3, lalu pasang kaki dari step 12 dan usahakan agar bisa berputar.
 
Step 14 : 
Lem kedua sisi silinder ke bagian bawah badan. Danbo pun tercipta.
 
liat ini juga ya.. kurang lebih seperti ini..
 
Cara membuat Danbo boneka kardus penuh ekspresi
Danbo
 
Selamat mencoba… bisa diliat juga video nya di Youtube Cara Membuat Danbo
Dan mungkin bisa jadi kado indah untuk seorang terdekat.

kemasan Danbo seperti dibawah ini..

Luluskah anda untuk menantang diri sendiri membuat hal sederhana yg keliatan rumit ini ??

Demikian lah 3 contoh hasil kerajinan tangan kreatif sederhana yang mudah dibuat dari bahan kardus, terimakasih anda sudah menyimak.

One response to “Membuat 3 Kerajinan Tangan Sederhana Dari Bahan Kardus Bekas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s